WABUP SUMBAWA BUKA SECARA RESMI MUSRENBANG RKPD TAHUN 2024

Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd, buka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kab. Sumbawa Tahun 2024, pada Selasa (21/3). Kegiatan yang mengusung tema “Peningkatan Ekonomi yang Berdaya Saing dan Layanan Dasar yang Berkeadilan” ini, juga turut dihadiri Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa, Ketua DPRD Kab. Sumbawa, Ketua BRIDA Prov. NTB, Sekban Bappeda Prov. NTB, Para Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, Anggota Forkopimda, para Camat, Lurah, serta Kades.

Dalam arahannya, Wabup Sumbawa mengatakan bahwa forum Musrenbang menjadi fokus utama guna menyatukan dan memperjuangakan aspirasi masyarakat terkait bahan penyusunan RKPD yang dibiayai melalui APBD tahun 2024 nanti.

Wabup juga menghimbau agar seluruh program unggulan “Mo-novi” yang tercantum didalam Perda RPJMD Kab. Sumbawa tahun 2021-2026 dapat dikawal dan menjadi program prioritas daerah, sehingga seluruhnya dapat terrealisasikan.

Wabup meminta kepada seluruh stakeholder untuk bersama-sama bergotong royong, berkolaborasi dan bersinergi untuk Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kab. Sumbawa, Endang Syaifuddin Nusantara Husainy, S.Sos.,MT, menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan finalisasi dari perjalanan proses penyusunan RKPD. Hal ini menurutnya bertujuan untuk menunaikan amanat regulasi dan perundang-undangan yang tentu dilakukan guna dalam mendorong partisipasi public untuk menghasilkan rencana kerja yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pendekatan ini, tuturnya, merupakan implementasi dari Permendagri 86 tahun 2017 , yang dimana musrenbang RKPD merupakan sinergi dari rancangan renja perangkat daerah usulan masyarakat yang disampaikan oleh musrenbang kecamatan, kemudian pokok-pokok pikiran DPRD disinergikan menjadi satu dalam dokumen RKPD sehingga nanti sekitar bulan Mei penetapan RKPD yang sudah kompilasi dengan banyaknya aspek perencanaan menjadi satu dalam RKPD Tahun Anggaran 2024.