Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Laksanakan Safari Ramadhan Pertama di Kecamatan Lopok

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah bersama Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd melaksanakan Safari Ramadhan Pertama di Masjid Al-Amin Dusun Tatede Dalam Desa Tatede Kecamatan Lopok, Senin (27/3). Turut hadir membersamai Bupati dan Wakil Bupati, Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa, Anggota Forkopimda, Kepala Kemenag, Asisten Sekda, Kepala Perangkat Daerah, Camat Lopok beserta Kepala Desa Tatede dan Anggota Forkopimca.

Pada kesempatan itu, Bupati Sumbawa menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pengurus Masjid Al-Amin Desa Tatede berupa uang pembangunan masjid sejumlah 15 juta rupiah, paket sembako, serta bantuan Al-Qur’an dan Tafsir Al-Qur’an dari Kantor Kementerian Agama Sumbawa.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa hajat besar dari kegiatan safari ramadhan adalah untuk mempererat silaturrahim sekaligus melihat secara langsung realisasi pembangunan, kendala, hambatan, serta kesulitan yang dihadapi masyarakat.

Bupati juga menekankan kepada seluruh aparatur pemerintah di Kecamatan Lopok termasuk kepala desa beserta perangkat desa agar betul-betul menjalankan tanggung jawabnya yakni melayani masyarakat dengan ikhlas serta melakukan pemberdayaan dan pengembangan potensi yang ada secara maksimal.

Selain itu, di momen bulan suci ramadhan ini, Bupati juga menyampaikan himbauan moral kepada segenap masyarakat, agar senantiasa meningkatkan ibadah-ibadah ramadhan dengan membudayakan shalat berjama’ah, memakmurkan masjid/musholla serta membudayakan maghrib mengaji di lingkungan masing-masing.

Bupati juga mengajak para pejabat sipil, TNI, Polri dan swasta untuk bersama-sama ber-i’tiqaf di masjid masjid terdekat guna menuai ridho Allah dan merasakan keagungan malam Lailatul Qadar. Kemudian untuk meminimalisir kenakalan remaja yang kerap membuat keributan dengan petasan atau kebut-kebutan di jalanan, Bupati meminta perhatian pada orang tua, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk selalu mengarahkan generasi muda pada kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat serta tidak mengganggu ketertiban umum.

Di akhir sambutannya, Bupati berharap semoga ramadhan 1444 hijriyah ini bisa menjadi madrasah penempaan diri bagi kaum muslimin untuk menjadi insan kamil, insan yang bertaqwa kepada Allah SWT serta mampu mengaplikasikan ketaqwaan tersebut di bulan-bulan lainnya sepanjang tahun.