BUPATI SUMBAWA HADIRI LAUNCHING PILKADES SERENTAK TAHUN 2022 DAN PENYERAHAN DPT SEBAGAI DPS PILKADES

Bupati Sumbawa diwakili Sekretaris Daerah, Drs. H. Hasan Basri, MM., melaunching Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Sumbawa Besar 2022 pada jum'at, (13/5) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, dihadiri Anggota DPRD Komisi I, Forkopimda, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ketua KPU Kab. Sumbawa, serta para Camat, Kepala Desa dan Ketua BPD wilayah Pilkades Serentak Kabupaten Sumbawa 2022. 

 

 

Bupati menyampaikan Pemilihan Kepala Desa merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsulidasi demokrasi serta peran masyarakat harus memberikan hak dan kewajibannya sebagai subyek paling menentukan figur pemimpin di desa, bukan sebagai obyek yang dipengaruhi apalagi mudah terpengaruh dengan politik uang. 

  

Harapan, Bupati agar pemilihan Kepala Desa serentak tahun ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses, yakni sukses partisipasi, sukses regulasi, sukses memilih Kepala Desa defentif dan bisa menguatkan koordinasi semua pihak, terutama dalam memetakan sumber-sumber pemicu perselisihan di wilayah masing-masing, serta tidak mengganggu tatanan yang sudah ada sebagaimana yang kita harapkan bersama.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Rachman Ansori, S.Sos, M.SE., menyampaikan Pilkades di Kabupaten Sumbawa Besar akan diselenggarakan secara serentak pada hari Rabu 2 November 2022 mendatang di 13 Kecamatan dan 20 Desa, yaitu di Kecamatan Moyo Hilir 4 Desa meliputi (Serading, Kakiang, Olat Rawa, Batu Bangka), Kecamatan Moyo Hulu 3 Desa meliputi (Berang Rea, Mokong, Lito), Kecamatan Utan 2 Desa meliputi (Bale Brang, Pukat), Kecamatan Lenangguar 2 Desa meliputi (Lenangguar, Ledang), sedangkan Kecamatan Labuan Badas, Batulanteh, Unter iwes, Empang, Lopok, Alas Barat, Moyo Utara, Maronge, Tarano masing-masing 1 Desa meliputi (Sebotok, Tepal, Lamenta, Labuhan Mapin, Pungkit, Kukin, Pelat, Simu, Labuhan Jambu). Selain itu, tema Pilkades Serentak tahun ini ialah "PILKADES GERA DAN JURDIL" yaitu Gamporo Riam Remo, Aman, Jujur dan adil, ujarnya 

 

Pada kesempatan ini, adanya penyerahan DPT Pilkada Sumbawa 2020 sebagai DPS Pilkades di masing-masing Desa, serta penyerahan RPJMD Kab. Sumbawa 2021-2026 sebagai salah satu acuan penyusunan visi misi calon Kepala Desa kepada Panitia Penyelenggara Pilkades secara simbolis.