JELANG MXGP SAMOTA, PETUGAS MEDIS DI SIRKUIT DIBERI PELATIHAN KHUSUS

16

Juni, 2022

Seri ke 12 MXGP World Championship 2022 akan dihelat di Rocket Motor International Circuit, Samota Kabupaten Sumbawa pada 24 hingga 26 Juni nanti. Setelah pembangunan sirkuit dirampungkan akhir pekan lalu, berbagai komponen pendukung lainnya kini tengah dipersiapkan untuk mensukseskan ajang balap motor cross kelas dunia tersebut. Selain mempersiapkan marshal, MXGP Of Indonesia juga mengharuskan adanya petugas medis berkemampuan khusus utnuk memberikan pertolongan pertama ketika terjadi suatu insiden dalam balapan.
Karenanya, Pemerintah Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB menggelar pelatihan khusus bagi para petugas medis yang akan bekerja selama gelaran MXGP di Kawasan Samota. Para petugas medis yang terdiri dari dokter dan perawat ini diberi pelatihan tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama pada para pembalap di dalam sirkuit, hingga pengetahuan tentang sistem evakuasi dan transportasi serta sistem rujukan ke rumah sakit.
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM., yang membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan petugas medis yang bertugas di sirkuit dituntut harus bertindak cepat dan memiliki keterampilan untuk memberikan pertolongan pertama kepada rider yang mengalami kecelakaan.
Berbeda dengan petugas medis di pusat kesehatan ataupun rumah sakit, kata Sekda, mereka yang bertugas di sirkuit harus memiliki keterampilan khusus.
“Petugas medis di Sirkuit harus bisa membuka helm dan perangkat keselamatan lain yang digunakan seorang pembalap. Jika salah dalam melakukan penanganan, maka akibatnya bisa fatal. Ini yang harus dihindari oleh semua petugas medis yang bertuas.” Ucap Sekda di Aula H. Madilaoe ADT Kantor Bupati Sumbawa, Rabu pagi (15/6).
Untuk itu, Sekda meminta seluruh peserta agar dapat mengikuti dan menyimak pelatihan ini dengan sungguh-sungguh.