Hardiknas 2022, Menteri Nadiem Sebut Kurikulum Merdeka Terbukti Kurangi Learning Loss

13

Mei, 2022

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM., bertindak sebagai Pembina pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Jumat, 13 Mei 2022. Peringatan yang mengusung tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar” ini juga digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda mengatakan peringatan Hardiknas tahun ini menjadi bukti bahwa Indonesia jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. “Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan.” Sebut Mendikbud Nadiem Makarim.

Mendikbud juga menginginkan agar anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri.

Disebutkan Nadiem, Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, telah terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran (Learning Loss). “Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia, itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.” Lanjutnya.

Nadiem mengatakan anak-anak juga kini tak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan. Sebab, Asesmen Nasional (AN) yang sekarang digunakan tidak bertujuan menghukum guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar, supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif.

Semua perubahan positif ini, Kata Nadiem, tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20. “Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia.” Tutup Nadiem

Pada peringatan Hardiknas ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa menyerahkan penghargaan dan tabungan hari tua kepada 20 orang Pegawai Negeri Sipil yang telah memasuki masa purna tugas terhitung mulai tanggal 1 April dan 1 mei 2022.